Skripsi Saiyya...

PENGARUH NILAI UTILITARIAN DAN NILAI HEDONIK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PONSEL 3G PADA MAHASISWA STRATA-1 UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG

Oleh: Nadiyah Hirfiyana Rosita
Dosen Pembimbing: Dr. Djasly By, SE., MS.

ABSTRAKSI

Teknologi ponsel 3G (dibaca:triji) adalah perkembangan teknologi telepon seluler dari generasi ketiga. 3G merupakan singkatan dari 3rd Generation (third generation). 3G merupakan sebuah istilah bersama untuk prosedur, standar, dan perangkat komunikasi baru yang memberikan peningkatan kecepatan dan kualitas layanan komunikasi bergerak. Ponsel 3G muncul dengan sebuah perangkat yang memadukan fungsi ponsel sebagai alat komunikasi dengan fungsi PDA (Personal Digital Assistant) dan PC (Personal Computer).
Penelitian ini bertujuan, (1) untuk menganalisis pengaruh secara simultan dan parsial antara variabel nilai utilitarian dan nilai hedonik terhadap keputusan pembelian ponsel 3G. Dan (2) mengetahui dari variabel nilai utilitarian dan nilai hedonik yang paling berpengaruh (dominan) terhadap keputusan pembelian ponsel 3G.
Jenis penelitian ini adalah explanatory research (penelitian penjelasan), yaitu menguji hipotesis melalui variabel. Responden yang di cari adalah mereka yang sedang memiliki dan menggunakan ponsel 3G. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampling nonprobabilitas, yaitu teknik snowball sampling. Metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah analisa regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis regresi linier berganda, dalam pengujian secara simultan, nilai utilitarian dan nilai hedonik secara simultan menghasilkan nilai F sebesar 6,215 dengan tingkat signifikansi sebesar (0,004 < α). Artinya, bahwa secara bersama-sama nilai utilitarian (X1) dan nilai hedonik (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ponsel 3G (Y). Berdasarkan uji parsial, hanya variabel nilai hedonik saja yang menghasilkan tingkat signifikansi sebesar (0,007 < α). Artinya hanya variabel nilai hedonik (X2) berpengaruh signifikan dan dominan terhadap variabel keputusan pembelian ponsel 3G pada mahasiswa strata-1 Universitas Brawijaya Malang.
Nilai R Square menunjukkan nilai sebesar 0,209 atau 20,9%. Artinya bahwa pengaruh nilai utilitarian dan nilai hedonik memiliki kontribusi sebesar 20,9% terhadap keputusan pembelian ponsel 3G pada mahasiswa strata-1 Universitas Brawijaya Malang. Sedangkan 79,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel dependen penelitian.


Kata kunci: nilai utilitarian, nilai hedonik, keputusan pembelian, ponsel 3G

Comments

Anindya said…
wah... udah skripsi ya, Mbak... hmmm.. Jadi kepikiran ntar skripsi ku gmn..

Oia, salam kenal ya.. anak baru blogger ngalam.. hehehehe
fauzan1985 said…
assalamualaikum ^_^ makasih ya udah mampir di bognya aku dan sama koment nya!

ini udah selesai skripsi apa masih jalankan skripsi nya?

Popular posts from this blog

Cintaku Selegit Dodol

Samsung S5603 alias Samsung Star 3G

So Much Fun! Alhamdulillah ^_^