Ceramah Aa Gym

Ceramah Aa Gym, Masjid Sabilillah 20 Februari 2009 Malang

ditulis ulang oleh: Nadiyah H.R

Berikut ini adalah rangkuman saya, ketika mengikuti pengajian di Masjid Sabilillah Malang. Semoga bermanfaat…

Rumus 5at:

1. 1. Tekat yang sangat kuat untuk mendekatkan diri pada Allah

Mendekati Allah lebih mudah daripada mendekati manusia, cukup sajalah Allah bagi kita. Hanya Allah yang dapat menolong dan menjauhkan bala bagi kita.

Jangan hanya berfikir untuk mencari rizki, ubah paradigma menjadi saya harus mencari dan membagikan rizki sebanyak-banyaknya. Jangan mencari jodoh, tetapi carilah yang memberi jodoh. Mendekatlah pada Allah mintalah padaNya jodoh terbaik sesuai ilmuNya. Janganlah takut tidak mendapat rizki, takutlah tidak mendapat ridha Allah.

2. 2. Perbanyak taubat

Banyak-banyaklah bertaubat. Syukuri setiap nikmat yang diberikan Allah pada kita. Jangan memikirkan apa yang tidak ada tetapi syukuri apa yang ada. Banyaklah beristighfar dan bermuhasabah (introspeksi). Ampunan Allah selalu terbuka.

Tuhan… dosaku membumbung tinggi tapi rahmatMu melangit luas…

3. 3. Jauhi maksiat

- Mata: berusahalah untuk menjaga pandangan (Ghadul Bashar) kepada lawan jenis karena mata adalah panah syetan.

- Hati: Orang sakit hati karena ingin dipuji. Allah mengangkat derajat orang yang dikehendaki dan menghinakan orang yang dikehandaki. Jangan takut diomongin orang, takutlah sm Allah. Jangan suka ngomongin orang. Haqqul yakin, Allahlah yang punya hati, berdoalah selalu pada Allah.

Ciri-ciri Maksiat:

a. Gelisah jika melakukan

b. Takut ketahuan orang

4. 4. Tingkatkan amal

Tingkatkan setiap amal ibadah, perbaiki hubungan kita dengan Allah, dan hubungan kita dengan manusia dan alam sekitar. Manakah yang lebih mujarab nasehat atau doa? Tentu saja doa. Maka selalulah berdoa pada Allah.

5. 5. Tebarkan manfaat

Setiap kita harus bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Tebarkan manfaat dengan ikhlas dan istiqomah. Khairunnas anfauhumlinnas sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Allah selalu menolong orang yang menolong orang lain.

Smg Bermanfaat bagi pembaca Blog saya ^_^

Comments

Popular posts from this blog

Cintaku Selegit Dodol

Samsung S5603 alias Samsung Star 3G

So Much Fun! Alhamdulillah ^_^